1013079167, Winarmi (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS VI SD NEGERI 02 TITWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (429Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
cover 2.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahaan.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (57Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada Kelas VISD Negeri 02 Titiwangi. Khususnya pada pokok bahasan luas segibanyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga. Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini selama 5 bulan dimulai dari perencanaan hingga penyusunan laporan. Prosedur dalam pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus, yang terdiri dari siklus I, II, dan III. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengmpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa cukup baik dengan nilai skor rata-rata 2,25, hasil ketuntasan belajar siwa 48,14 % dan skor kinerja guru dalam pembelajaran 3,30 (kategori cukup) . Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi baik dengan nilai skor rata-rata 2,75, hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,96% diikuti oleh kinerja guru yang sudah baik dengan skor 3,87. Dan pada siklus III aktivitas siswa meningkat menjadi sangat baik dengan kenaikan nilai skor rata-rata 3,25, hasil ketuntasan belajarpun telah mencapai target yaitu 86,66 %. Disertai dengan kenerja guru yang tetap baik dengan peningkatan skor yakni 4,17. Jika dilihat dari ketuntasan pembelajaran pra siklus yang hanya mencapai 43,33 %, maka dengan menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus ( I, II, dan III) meningkat diikuti ketuntasan belajar pun tercapai. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, Contextual Teaching and Learning
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:54 |
Last Modified: | 22 Oct 2015 09:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13598 |
Actions (login required)
View Item |