PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL MENGARANG DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINDANGSARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

1013079311, Tri Puspita Rini (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL MENGARANG DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINDANGSARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahaan.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (63Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 1 Sindangsari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan belum berjalan maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan hasil belajar masih rendah masih di bawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Tujuan peneliti di sini adalah meningkatkan aktivitas mengarang deskripsi. Salah satu metode yang dianggap tepat untuk meningkatkan aktivitas mengarang deskripsi adalah penggunaan metode field trip dengan tujuan meningkatkan aktivitas mengarang. Metode penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (clasroom action rerserch) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes tulis. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamtan aktivitas siswa, lembar pengamatan kinerja guru, dan lembar penilaian tes formatif di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan metode field trip dapat meningkatkan aktivitas mengarang. Aktivitas siswa pada siklus I secara keseluruhan mencapai 29,41 % yang aktif,sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 61,76 % yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 16 siswa (47,06 %), sedangkan pada siklus II jumlah yang tuntas 30 siswa (88,24 %). Kata kunci : Aktivitas dan hasil mengarang deskripsi, Metode Field trip

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:55
Last Modified: 22 Oct 2015 09:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item