0513024008, Mella Marhellen (2011) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (573Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (395Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (331Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (562Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I.pdf Download (404Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (332Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (328Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan observasi di SMA 12 Bandar Lampung, rata-rata nilai tes formatif mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan semester genap tahun pelajaran 2009/2010 hanya 47% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65. Upaya yang dapat membantu siswa dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan penerapan pendekatan CTL, karena menekankan proses keterlibatan siswa secara aktif baik mental maupun fisik . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Pencemaran Lingkungan dan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X3 dan X4 yang diambil secara acak dengan teknik cluster sampling. Data penelitian ini berupa nilai pre test dan post test pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus score gain. Teknik analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95 % dengan menggunakan program SPSS 17. Berdasarkan hasil analisis rata-rata peningkatan indikator KBK siswa diperoleh hasil bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 41,47 (kriteria sedang) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 32,49 (kriteria rendah). KBK yang paling meningkat melalui pendekatan CTL pada kelas eksperimen adalah indikator ‘memberikan penjelasan lanjut’. Berbeda dengan kelas kontrol, KBK yang paling meningkat melalui pendekatan ceramah adalah indikator ‘menyimpulkan’. Dari kenyataan tersebut dapat diartikan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL rata-rata peningkatan indikator KBK siswa lebih meningkat dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan ceramah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kritis, pencemaran lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:14 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13614 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |