PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 )

0513024043, Oktaria Agung (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 ). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER UTAMA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_okta.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER_Dalam_OKTA.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI_OKTA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL_OKTA.pdf

Download (3938b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ix.pernyataan okta.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN_OKTA.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO_okta.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN_OKTA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT_HIDUP okta.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1 AGUNG.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2 AGUNG.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3 AGUNG.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4 AGUNG.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (224Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5 agung.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA okta fik.,.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran model (PBI) terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa. Dari seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X1 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest dan posttes dilakukan sebanyak 2 kali dengan menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. N-Gain penguasaan materi selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata postes kelas eksperimen (78,19) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (68,75), sehingga rata-rata N-Gain siswa kelas eksperimen (56,90) lebih besar dari kelas kontrol (45,50). Hal ini tampak dari hasil uji t1 diperoleh thit (4,776)>ttab (1,994) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata N-Gain siswa pada kelas kontrol. Kemudian uji t2 diperoleh thit (6,11 3)>ttab (2,030) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model PBI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa; (2) Penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa dengan penggunaan model PBI lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan model PBI. Kata kunci : Model PBI, penguasaan materi, ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13633

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir