PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 )

0513024043, Oktaria Agung (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 ). Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. COVER UTAMA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_okta.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Dalam_OKTA.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_OKTA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL_OKTA.pdf

Download (3938b) | Preview
[img]
Preview
Text
ix.pernyataan okta.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN_OKTA.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO_okta.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN_OKTA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP okta.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 AGUNG.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 AGUNG.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 AGUNG.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img] Text
bab 4 AGUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5 agung.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA okta fik.,.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran model (PBI) terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa. Dari seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X1 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest dan posttes dilakukan sebanyak 2 kali dengan menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. N-Gain penguasaan materi selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata postes kelas eksperimen (78,19) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (68,75), sehingga rata-rata N-Gain siswa kelas eksperimen (56,90) lebih besar dari kelas kontrol (45,50). Hal ini tampak dari hasil uji t1 diperoleh thit (4,776)>ttab (1,994) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata N-Gain siswa pada kelas kontrol. Kemudian uji t2 diperoleh thit (6,11 3)>ttab (2,030) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model PBI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa; (2) Penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa dengan penggunaan model PBI lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan model PBI. Kata kunci : Model PBI, penguasaan materi, ekosistem.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Last Modified: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13633

Actions (login required)

View Item View Item