0513024047, Ratna Sari (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Semester Ganjil TP. 2009/2010). Digital Library.
|
File PDF
1 COVER LUAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 ABSTRAK.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3 COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 PERSETUJUAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 PENGESAHAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (4010b) | Preview |
|
|
File PDF
7 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8 MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9 PERSEMBAHAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10 SANWACANA - Copy.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12 DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (180Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL pada materi pokok sistem peredaran darah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dari seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest – posttest nonequivalen group. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang didukung dengan data kualitatif berupa data aktivitas siswa. Data keterampilan berpikir kritis ini selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t melalui program SPSS 1 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rataketerampilan berpikir kritis siswa pada kedua kelompok berbeda secara signifikan. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata keterampilan berpikir kritis lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini tampak dari hasil uji persamaan dan perbedaan dua rata-rata terhadap N-Gain yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada materi pokok sistem peredaran darah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model PBL, keterampilan berpikir kritis, sistem peredaran darah.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:14 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13635 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |