PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Semester Ganjil TP. 2009/2010)

0513024047, Ratna Sari (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Semester Ganjil TP. 2009/2010). Digital Library.

[img]
Preview
Text
1 COVER LUAR.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3 COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 PERSETUJUAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 PENGESAHAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6 PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (4010b) | Preview
[img]
Preview
Text
7 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8 MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9 PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10 SANWACANA - Copy.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL pada materi pokok sistem peredaran darah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dari seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest – posttest nonequivalen group. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang didukung dengan data kualitatif berupa data aktivitas siswa. Data keterampilan berpikir kritis ini selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t melalui program SPSS 1 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rataketerampilan berpikir kritis siswa pada kedua kelompok berbeda secara signifikan. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata keterampilan berpikir kritis lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini tampak dari hasil uji persamaan dan perbedaan dua rata-rata terhadap N-Gain yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada materi pokok sistem peredaran darah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model PBL, keterampilan berpikir kritis, sistem peredaran darah.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Last Modified: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item