PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SD N 2 JAGABAYA 1 BANDAR LAMPUNG

1113069090, SITI HODIJAH (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SD N 2 JAGABAYA 1 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (100Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Jagabaya 1 di Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar lampung. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi dan tes. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan PTK diharapkan tercapai proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, karena dalam penelitian tindakan terdapat kata “tindakan”, artinya dalam hal ini guru melakukan sesuatu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada siklus I rata-rata didapat 58,24 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, terjadi peningkatan pada siklus I dan II dengan rata-rata 64,08 menjadi 70,96 dengan kenaikan sebesar 6,88. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan perbaikan pembelajaran sudah tercapai. Kata Kunci : Model Kooperatif, Prestasi Belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:57
Last Modified: 22 Oct 2015 09:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item