1113137024, Rizki Hidayanti (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Digital Library.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. cover.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. BAB I.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. BAB 2.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. BAB 3.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
File PDF
7. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (345Kb) |
||
|
File PDF
8. BAB 5.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat, yang disebabkan oleh aktivitas yang masih rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode diskusi dengan model cooperative learning yang memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta lembar evaluasi belajar. Analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu nilai rata-rata dan persentase (%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas guru pada siklus I (71), dan pada siklus II (80.56). Lalu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53.31), dan siklus II (80.77), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 9 siswa (46.15%), dan siklus II sebanyak 21 siswa (80,77%). Kesimpulan, penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat Kota Metro Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Kata kunci: hasil belajar PKN, model cooperative learning tipe jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:58 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13656 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |