PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

1113137024, Rizki Hidayanti (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. cover.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 3.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345Kb)
[img]
Preview
Text
8. BAB 5.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat, yang disebabkan oleh aktivitas yang masih rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode diskusi dengan model cooperative learning yang memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta lembar evaluasi belajar. Analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu nilai rata-rata dan persentase (%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas guru pada siklus I (71), dan pada siklus II (80.56). Lalu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53.31), dan siklus II (80.77), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 9 siswa (46.15%), dan siklus II sebanyak 21 siswa (80,77%). Kesimpulan, penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 7 Metro Pusat Kota Metro Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Kata kunci: hasil belajar PKN, model cooperative learning tipe jigsaw

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:58
Last Modified: 22 Oct 2015 09:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item