0543024003, Aditya Handayani (2011) PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru Kedaton Bandar Lampung) 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (532Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER Dalam.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf Download (407Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat hidup.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (558Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1 hal.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II..pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III hal.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
File PDF
bab4 nda.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (400Kb) |
||
|
File PDF
BAB5.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok tumbuhan hijau. Desain penelitian adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 1 Kampung Baru Kedaton Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai rata-rata pretes dan postes pada setiap pertemuan. N-Gain keterampilan berpikir kritis dianalisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan pendekatan keterampilan proses sains N-Gain keterampilan berpikir kritis siswa lebih tinggi (42,43) dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan keterampilan proses sains (19,55). Hasil analisis pada kelas eksperimen dan kontrol indikator keterampilan berpikir kritis yang paling tinggi adalah interpretasi. Sedangkan indikator yang paling rendah pada kelas eksperimen dan kontrol adalah evaluasi. Pendekatan keterampilan proses sains juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yaitu adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan peningkatan rata-rata sebesar 3,53 poin. Secara umum peningkatan terjadi pada setiap indikator aktivitas yang diamati. Rata-rata aktivitas belajar siswa tertinggi adalah pada indikator mengobservasi sedangkan aktivitas belajar terendah adalah pada indikator prediksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan keterampilan proses sains berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tumbuhan hijau yang diajar menggunakan pendekatan keterampilan proses sains lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Kata kunci : keterampilan proses sains, tumbuhan hijau, keterampilan berpikir kritis.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:15 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13657 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |