0543024008, Chomaira Elyantina (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XII SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran TP 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER_Dalam.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER_Depan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (3952b) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (254Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV Barrrruuu.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (246Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Pembelajaran biologi di SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan masih berpusat pada guru. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar biologi siswa. Untuk itu perlu diberikan satu alternatif pemberian metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Discovery. Metode pembelajaran ini merupakan metode yang memajukan cara belajar siswa aktif atau student centered yang menekankan bahwa dalam pembelajaran siswa dapat membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Discovery terhadap penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa kelas XII dan penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang lebih tinggi antara siswa yang menggunakan metode Discovery dan siswa yang menggunakan metode diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Tri Sukses Natar. Sampel dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling, siswa kelas XIIA1 sebagai kelas eksperimen dan XIIA2 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang diperoleh dari pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-Gain. Nilai pretes, postes, dan N-Gain tersebut kemudian dianalisis dengan uji t pada taraf kepercayaan 5% menggunakan software SPSS versi15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan metode Discovery memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa kelas XII; (2) penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa yang menggunakan metode Discovery lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode diskusi. Kata kunci : Metode Discovery, Penguasaan Materi, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:15 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13659 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |