PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XII SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran TP 2010/2011)

0543024008, Chomaira Elyantina (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XII SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran TP 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Dalam.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Depan.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (3952b) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV Barrrruuu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pembelajaran biologi di SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan masih berpusat pada guru. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar biologi siswa. Untuk itu perlu diberikan satu alternatif pemberian metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Discovery. Metode pembelajaran ini merupakan metode yang memajukan cara belajar siswa aktif atau student centered yang menekankan bahwa dalam pembelajaran siswa dapat membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Discovery terhadap penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa kelas XII dan penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang lebih tinggi antara siswa yang menggunakan metode Discovery dan siswa yang menggunakan metode diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Tri Sukses Natar. Sampel dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling, siswa kelas XIIA1 sebagai kelas eksperimen dan XIIA2 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang diperoleh dari pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-Gain. Nilai pretes, postes, dan N-Gain tersebut kemudian dianalisis dengan uji t pada taraf kepercayaan 5% menggunakan software SPSS versi15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan metode Discovery memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa kelas XII; (2) penguasaan materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan oleh siswa yang menggunakan metode Discovery lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode diskusi. Kata kunci : Metode Discovery, Penguasaan Materi, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:15
Last Modified: 22 Oct 2015 10:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item