0543024050, YENI SETIANI (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (273Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER SARJANA YENI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER Skripsi YENI.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
menyetujui.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (3372b) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (291Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui rata-rata keterampilan proses sains antara kelas ekaperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian adalah pretest-posttest group design . Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA 3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus skor gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil observasi dan diskusi dengan guru bidang studi Biologi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, diketahui tingkat KPS oleh siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan manusia dan hewan sangat rendah. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran guru belum menerapkan metode pembelajaran yang digunakan. Sehubungan dengan itu, telah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada penggunaan metode penemuan terbimbing memiliki N-gain (37,29) lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan metode penemuan terbimbing (21,60). Dan hasil perbandingan presentasi KPS siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing, pada aspek mengamati 82,63%, mengklasifikasikan 56,50%, memprediksi 60,38%, menyimpulkan 43,08% dan mengkomunikasikan 55,66%, lebih tinggi dibandingkan KPS yang tidak menggunakan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan manusia dan hewan; (2) Keterampilan proses sains siswa pada Sistem Pencernaan manusia dan hewan oleh siswa pada penggunaan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci : metode penemuan terbimbing, keterampilan proses sains, Sistem pencernaan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:15 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13679 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |