PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011)

0543024050, YENI SETIANI (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SARJANA YENI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER Skripsi YENI.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (3372b) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (291Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (291Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui rata-rata keterampilan proses sains antara kelas ekaperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian adalah pretest-posttest group design . Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA 3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus skor gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil observasi dan diskusi dengan guru bidang studi Biologi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, diketahui tingkat KPS oleh siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan manusia dan hewan sangat rendah. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran guru belum menerapkan metode pembelajaran yang digunakan. Sehubungan dengan itu, telah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada penggunaan metode penemuan terbimbing memiliki N-gain (37,29) lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan metode penemuan terbimbing (21,60). Dan hasil perbandingan presentasi KPS siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing, pada aspek mengamati 82,63%, mengklasifikasikan 56,50%, memprediksi 60,38%, menyimpulkan 43,08% dan mengkomunikasikan 55,66%, lebih tinggi dibandingkan KPS yang tidak menggunakan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan manusia dan hewan; (2) Keterampilan proses sains siswa pada Sistem Pencernaan manusia dan hewan oleh siswa pada penggunaan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci : metode penemuan terbimbing, keterampilan proses sains, Sistem pencernaan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:15
Last Modified: 22 Oct 2015 10:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item