AGNES TIARMY, 1113052002 (2015) UPAYA MENGURANGI KONSEP DIRI NEGATIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TUMIJAJAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (481Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini konsep diri negatif pada siswa. Permasalahan penelitian ini “Apakah penggunaan teknik assertive training dapat mengurangi konsep diri negatif pada siswa”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pengggunaan teknik assertive training dapat mengurangi konsep diri negatif pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak sepuluh siswa yang memiliki konsep diri negatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala konsep diri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa konsep diri negatif pada siswa dapat dikurangi setelah pemberian teknik assertive training. Hal ini ditunjukkan dari dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung= -2,805b dan ztabel = 0,05 = 1. Karena zhitung < ztabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri sebelum diberikan teknik assertive training dan setelah diberikan teknik assertive training. Kesimpulan dalam penelitian ini konsep diri negatif dapat dikurangi dengan menggunakan teknik assertive training pada siswa kelas X di SMA PGRI 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan (1) kepada siswa, hendaknya mengikuti kegiatan assertive training jika mengalami kesulitan dalam mengubah konsep diri negatif menjadi konsep diri positif di dalam dirinya, (2) kepada guru, hendaknya dapat membantu siswa mengubah konsep diri negatif menjadi konsep diri positif dengan menggunakan teknik assertive training, dan (3) kepada para peneliti, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai konsep diri dan teknik assertive training dengan subjek yang berbeda. Kata kunci: bimbingan dan konseling, teknik assertive tarining, konsep diri negatif
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | 3805024 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2015 04:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2015 04:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13685 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |