PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 ABUNG TINGGI KABUPATEN LAMPUN

Nita Noviani, 1113033042 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 ABUNG TINGGI KABUPATEN LAMPUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (441Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (338Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (626Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai peran yang sangat penting dalam mencerdaskan dan mendewasakan siswanya melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan selain hasil belajar tetapi juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya model pembelajaran Discovery Learning yaitu model pembelajaran yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia. Baik yang diberikan guru maupun yang dicari sendiri oleh siswa, untuk membagun pengetahuan dengan cara belajar mandiri. Metode ini membentuk pemberian tugas belajar atau penelitian kepada siswa dengan tujuan supaya siswa dapat mencari sendiri jawabannya tanpa bantuan pengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP N 2 Abung Tinggi dan sejauh mana taraf signifikan pengaruh model model Pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Discovery Learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP N 2 Abung Tinggi Tahun Ajaran 2014/1015 dan untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh model model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis normalitas dan uji analisis data menggunakan uji t paired samples test. Berdasarkan hasil hitung data nilai posttest siswa dengan menggunakan uji t paired samples test dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Abung Tinggi. Taraf signifikan model ini sesuai dengan tabel yang dijadikan pedoman untuk memberikan interprestasi terhadap koefisin korelasi menurut pendapat Sugiyono adalah 0,98 yang berarti sangat kuat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 8402383 . Digilib
Date Deposited: 21 Oct 2015 07:33
Terakhir diubah: 21 Oct 2015 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir