0613024039, NOVALINDA GEOVANIS (2011) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN. Digital Library.
|
File PDF
Nova Bab 1.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Nova Bab 2.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Nova Bab 3.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
NOVA Pustaka.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK1.pdf Download (690Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (420Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (393Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (588Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penguasaan materi pokok Organisasi Kehidupan pada siswa SMP N 2 Kotabumi Lampung Utara kelas VII belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan model yang sesuai. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran picture and picture dan Examples non examples. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan penguasaan materi pokok organisasi kehidupan oleh siswa yang diajar melalui model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran examples non examples (2) untuk mengetahui tingkat penguasaan materi pokok organisasi kehidupan yang lebih tinggi antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran picture and picture dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran examples non examples. Desain penelitian adalah tes awal tes akhir kelompok tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIb dan VIId yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data peneletian berupa N- gain dan di analisis menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai tes akhir kedua kelas menunjukkan perbedaan, pada kelas yang menggunaan model pembelajaran picture and picture tes akhir nya adalah 75,36 dengan N-gain 65,11 lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunaan model pembelajaran Examples non examples yang tes akhirya 62,67 dengan N-gain 48,94. Hal ini terjadi, karena model pembelajaran picture and picture mendorong kemampuan masing-masing siswa, untuk melatih berpikir logis dan sistematis, dengan mengurutkan gambar yang telah di acak guru, mereka dituntut untuk dapat mengurutkan gambar dan fungsinya dengan tepat. Selain karena model pembelajaran picture and picture mampu mendorong siswa untuk dapat berpikir logis dan sistematis, juga dikarenakan pemberian materi pelajaran secara singkat terletak di awal pembelajaran sangat membantu siswa saat mengerjakan LKS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari penguasaan materi pokok Organisasi kehidupan oleh siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples non examples; (2) penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran materi pokok Organisasi kehidupan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Examples non examples Kata kunci : model pembelajaran picture and picture, model pembelajaran Examples non examples, penguasaan materi, organisasi kehidupan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:17 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13774 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |