0643024045, Ria Ristiani (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI VERTEBRATA DI SMA BINA MULYA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (173Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar gambar.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
menyetujui.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vi.MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi Vertebrata. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen . Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diperoleh dari angket kemenarikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa (N-gain 63,76) lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi (N-gain 52,53). Indikator C2 (pemahaman) merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan rata-rata peningkatan 6,7% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi yaitu 3,9%. Aspek bertukar informasi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw . Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Hasil belajar kognitif siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:18 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13791 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |