PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandar lampung semester genap tahun pelajaran 2010/2011)

0713024007, Nindy Permatasari (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandar lampung semester genap tahun pelajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (454Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (254Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. COVER depan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER Sarjana.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (3811b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (3811b) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak SMP Negeri 23 Bandar Lampung merupakan sekolah yang memiliki lahan yang sempit dengan pekarangan yang ditutupi oleh paving blok, sehingga jarang ditemui lahan hijau. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif media dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu media maket. Media maket akan efektif digunakan jika dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat dalam menggali keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media maket dengan metode discovery terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem serta perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan media maket melalui metode discovery pada materi pokok ekosistem dibandingkan dengan menggunakan media gambar dengan metode diskusi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2011 di SMP Negeri 23 Bandar Lampung dan merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan postes. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang diambil menggunakan lembar observasi dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media maket dengan metode discovery. Data dianalisis statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayan 5% melalui program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media maket dengan metode discovery pada materi pokok Ekosistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen yaitu 61,97 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 43,96. Rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 56,07 dibandingkan kelas kontrol yaitu 38,57. Rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,97 dibandingkan kelas kontrol yaitu 66,61. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media maket dengan metode discovery pada materi pokok Ekosistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Media maket, metode discovery, keterampilan berpikir kritis, ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:18
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir