0713024015, Christi Andrian Parapat (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen pada Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (459Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (321Kb) |
||
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Konsultasi.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (281Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (547Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir rasional dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia pada kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu dengan menggunakan model Group Investigation. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes kelompok equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan, serta lembar observasi aktivitas siswa, serta, dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir rasional siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu 65,58 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan model pembelajaran Group Investigation yaitu 54,76. Dengan indikator keterampilan berpikir rasional berupa keterampilan menggali informasi, mengolah informasi, dan memecahkan masalah. Dan keterampilan mengambil keputusan sebagai keterampilan yang menunjukkan nilai tertinggi. Selain itu, rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan, yaitu 77,13 dibanding dengan kelas kontrol yaitu 60,31. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas bekerja sama dengan teman, melakukan kegiatan diskusi, membuat kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Dan aktivitas bekerja sama dengan teman dengan skor tertinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan berpikir rasional dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe GI, berpikir rasional, aktivitas, sistem reproduksi manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:19 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13828 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |