PENGARUH MEDIA AUDIO -VISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN

0713024026, Erika (2011) PENGARUH MEDIA AUDIO -VISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (153Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (434Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (451Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (631Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual melalui pembelajaran NHT terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung pada materi pokok Pencemaran Lingkungan. Desain penelitian ini adalahpretes-posttes non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIi dan VII2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, serta nilai tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan, dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain serta angket untuk mengetahui tanggapan penggunaan media audio-visual yang diberikan pada akhir pertemuan. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen I yaitu 86 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II yaitu 72,68. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dan aktivitas terendah yaitu pada aspek mengajukan pertanyaan. Hasil belajar berupa penguasaan konsep siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 65,76 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II yaitu 51,26. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio-visual melalui model pembelajaran NHT terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi pokok Pencemaran Lingkungan. Kata kunci: media audio-visual, model pembelajaran NHT, aktivitas, penguasaan konsep, Pencemaran Lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:19
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir