0713024027, Esti Astuti (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (347Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (249Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Hasil observasi dan diskusi dengan guru Biologi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diketahui nilai rata-rata hasil belajar kelas XI pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia baru mencapai 60,38. Nilai ulangan siswa menunjukkan hanya 59,27% siswa kelas XI yang memperoleh nilai ≥ 70. Ini terjadi karena guru lebih dominan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan tanya jawab. Sehubungan dengan itu, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia. Desain penelitian ini adalah group pretest-posttest non equivalen dengan teknik sampling cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes awal dan tes akhir, dihitung dengan rumus skor N-gain. Selain itu terdapat data pendukung yaitu aktivitas siswa dan angket. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5%, melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan N-gain kelas eksperimen 75,77 lebih tinggi dibanding dengan N- gain kelas kontrol yaitu 70,67dan hasil belajar kognitif paling tinggi dari kedua kelas yaitu pada C1(pengetahuan) dan C6(evaluasi). Selain itu juga didapat hasil aktivitas siswa kelas eksperimen 78,8% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 64,4%. Aktivitas tertinggi di kedua kelas yaitu pada aspek membuat kesimpulan dan aktivitas terendah yaitu aspek mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, TPS (Think, Pair, Share), Hasil Belajar, Sistem Reproduksi Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:19 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13861 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |