0413021033, Kharis Fajar Martin (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (StudiPadaSiswaKelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung TahunPelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (135Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Kharis Fajar Martin 0413021033.pdf Download (450Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahan.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (62Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung belum mencapai hasil yang memuaskan, terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian kelas XI IPA 1 pada semester ganjil hanya 51 dan persentasi siswa yang tuntas hanyalah 36,66% dari 30 siswa yang ada. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menuntut siswa untuk dapat bekerjasama dalam kelompok dan bertanggungjawab terhadap keberhasilan kelompoknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan subjek penelitian 30 orang siswa kelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Faktor-faktor yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas siswa pada setiap siklusnya, aktivitas belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan pada pertemuan ke-2 siklus ke-2 dengan rata-rata siswa aktif mencapai 72,41% (2)Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPA SMA Budaya Bandar Lampung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar pada tes siklus ke-3 dengan rata-rata siswa tuntas 83,33%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:25 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13864 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |