PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 RAJABASA LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012

, SUGENG (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 RAJABASA LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1.Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (234Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf - Published Version

Download (324Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf - Published Version

Download (205Kb) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180Kb)
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287Kb) | Preview
[img] Archive
Lampiran.zip - Published Version

Download (11Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan pembelajaran PKn yang berdampak pada peningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dikelas VIII A SMP Negeri I Rajabasa Lampung Selatan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Penelitian ini diberhentikan jika indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang disusun guru telah sesuai dengan kelengkapan-kelengkapan pembelajaran seperti : Standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Motivasi dan aktivitas belajar siswa aktif hal ini dapat dilihat dari hasil kegiatan pembelajaran pada siklus ke I, ke II dan ke III. Siklus ke I motivasi belajar siswa 47% dan aktivitas belajar siswa 32%, siklus ke II telah mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar siswa menjadi 63% aktivitas belajar siswa 53% ada peningkatan 16% motivasi belajar siswa dan 21% aktivitas belajar siswa. Pada siklus ke III motivasi belajar siswa mencapai 76% dan aktivitas belajar siswa 77% sehingga indikator keberhasilan telah tercapai.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 18 Mar 2014 05:27
Last Modified: 18 Mar 2014 05:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item