PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Gedong Tataan Kab Pesawaran T.P 2011/2012)

-, Deni Irawan (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Gedong Tataan Kab Pesawaran T.P 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH I OK.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH II OK.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH III OK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] Text
BISMILLAH IV OK 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206Kb)
[img]
Preview
Text
BISMILLAH V OK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Dentak ok.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI okkkkkprint.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Deni.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN dentak.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP dentak.pdf

Download (3903b) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA dentak ok.pdf

Download (113Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Proses pembelajaran di kelas VII SMPN 1 Gedong Tataan masih menggunakan metode yang berpusat pada guru, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan materi siswa. Dengan demikian diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan metode discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode discovery terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ekosistem; (2) Penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ekosistem yang lebih tinggi antara penggunaan metode discovery dan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMP N 1 Gedong Tataan. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster ramdom sampling yaitu siswa pada kelas VII i sebagai kelompok eksperimen dan siswa pada kelas VII h sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah desain pos-test pada kelompok ekuivalen. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan postes kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaaan 5% dengan menggunakan Software SPSS versi 17. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penguasaan materi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada penguasaan materi siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 79,3 lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain pada kelas kontrol yang hanya 71,11. Hal tersebut terjadi pada setiap indikator discovery, yaitu merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode discovery terhadap penguasaaan materi pokok pokok Ekosistem pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gedong Tataan. Kata kunci : Metode Discovery, penguasaan materi, Ekosistem.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:26
Last Modified: 05 Nov 2015 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item