0543024034, NURMA INAH (2009) PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HEWAN ( Studi Eksperimental Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gading Rejo Kabupaten Pringsewu Semester Genap 2009/ 2010 ). Digital Library.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab1.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (107Kb) |
||
|
File PDF
bab3.pdf Download (274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab5 2003.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
baba2 ina.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMA Negri 1 Gading Rejo diketahui bahwa 40% siswa belum mencapai belajar tuntas. Hal ini diduga kurang efektifnya media dan model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Animasi multimedia dapat menarik perhatian siswa karena melatakkan dasar-dasar yang konkrit sehingga dapat menghindari pengertian yang abstrak. Model pembelajaran tipa Jigsaw dan NHT diduga sesuai untuk dikombinasikan dengan animasi multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengusaan materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan oleh siswa yang pembelajaranya menggunakan animasi multimedia dengan model pembelajaran tipe Jigsaw dan NHT; 2)Model pembelajaran yang paling cocok di kombinasikan dengan animasi multimedia antara tipe Jigsaw dan NHT pada materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Gadingrejo Pringsewu. Sampel terdiri dari 31 siswa kelas XI IPA3 dan 30 siswa XI IPA5 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya kelas XI IPA5 terpilih sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest-postest kelompok non ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, postest, skor gain pada setiap pertemuan. Data tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS versi 12 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaaan rata-rata penguasaan materi pokok sistem pencernaan manusia dan hewan yang signifikan oleh siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together); 2) penguasaan materi pokok sistem pencernaan makanan manusia dan hewan oleh siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Kata kunci: animasi multimedia, Jigsaw, NHT, penguasaan materi.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:27 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13887 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |