, Sulis Setia Markhamah (2011) PERSEPSI SISWA TERHADAP BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Covere.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Dapis.pdf - Published Version Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (157Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (379Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Dapus.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (230Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Belajar Berbasis Aneka Sumber (BEBAS) merupakan salah satu pendekatan belajar untuk memperluas sumber belajar dan memberikan peluang bagi siswa dalam menentukan sendiri sumber belajar yang diperlukan. Melalui BEBAS, tercipta kondisi pembelajaran yang mendorong siswa untuk membangun pemahamannya sendiri melalui banyak sumber belajar. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui persepsi siswa terhadap BEBAS dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah deskriptif, subjek yang diteliti merupakan siswa kelas X, terdiri dari empat kelas berjumlah 144 siswa. Sampel yang diambil untuk penelitian adalah 25% atau 36 siswa yang tersebar secara acak (random sampling) dalam empat kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 responden, 21 responden (58,3%) cenderung berpersepsi netral. Terlihat dari indikator pengetahuannya dimana responden kurang memahami konsep BEBAS dan manfaat dari penerapan BEBAS. Ini dikarenakan kurangnya penerapan BEBAS saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak sepenuhnya mendukung tetapi juga tidak menyatakan menolak. Hasil penelitian berdasarkan indikator pengalaman, menunjukkan bahwa dari 36 responden, 23 responden (64%) cenderung berpersepsi netral karena kurangnya pengalaman yang dialami responden terkait penerapan BEBAS. Responden juga menganggap penerapan BEBAS kurang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak menyatakan mendukung tetapi juga tidak menolak.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 05:30 |
Terakhir diubah: | 18 Mar 2014 05:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1389 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |