PERSEPSI SISWA TERHADAP BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, Sulis Setia Markhamah (2011) PERSEPSI SISWA TERHADAP BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Covere.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dapis.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dapus.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (230Kb) | Preview

Abstrak

Belajar Berbasis Aneka Sumber (BEBAS) merupakan salah satu pendekatan belajar untuk memperluas sumber belajar dan memberikan peluang bagi siswa dalam menentukan sendiri sumber belajar yang diperlukan. Melalui BEBAS, tercipta kondisi pembelajaran yang mendorong siswa untuk membangun pemahamannya sendiri melalui banyak sumber belajar. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui persepsi siswa terhadap BEBAS dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah deskriptif, subjek yang diteliti merupakan siswa kelas X, terdiri dari empat kelas berjumlah 144 siswa. Sampel yang diambil untuk penelitian adalah 25% atau 36 siswa yang tersebar secara acak (random sampling) dalam empat kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 responden, 21 responden (58,3%) cenderung berpersepsi netral. Terlihat dari indikator pengetahuannya dimana responden kurang memahami konsep BEBAS dan manfaat dari penerapan BEBAS. Ini dikarenakan kurangnya penerapan BEBAS saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak sepenuhnya mendukung tetapi juga tidak menyatakan menolak. Hasil penelitian berdasarkan indikator pengalaman, menunjukkan bahwa dari 36 responden, 23 responden (64%) cenderung berpersepsi netral karena kurangnya pengalaman yang dialami responden terkait penerapan BEBAS. Responden juga menganggap penerapan BEBAS kurang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi. Dengan demikian, siswa cenderung berpersepsi netral dimana tidak menyatakan mendukung tetapi juga tidak menolak.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 18 Mar 2014 05:30
Last Modified: 18 Mar 2014 05:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item