0613021027, Fatmasari Zul Manggarani (2010) IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.
|
File PDF
6. SANWACANA.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak new.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (510Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (227Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (75Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan data nilai ulangan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010, diperoleh bahwa 94,92% siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tidak tuntas yaitu mendapatkan nilai ≤ 62. Berkenaan dengan hal tersebut, guru matematika kelas VIII belum pernah melaku¬kan identifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk me¬nge¬¬¬tahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada pelajaran matema¬tika khusus¬nya kesalahan dalam menguasai pokok bahasan garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 279 orang yang ter¬distribusi dalam tujuh kelas dimana tingkat kemampuan belajar matematika siswa homogen (tidak ada kelas unggulan) dengan ke¬mampuan siswa dalam setiap kelas heterogen. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VIIIC. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa kelas VIII yang me-ngalami kesulitan pada pokok bahasan garis singgung lingkaran lebih dari 15%, yang berarti bahwa siswa mengalami kesulitan penguasaan konsep matematika pada pokok bahasan tersebut dan kompetensi dasar yang paling sulit dicapai siswa adalah melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa yaitu:(1) kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak memahami konsep, antara lain siswa tidak mampu menyelesaikan soal balikan; siswa tidak bisa mem¬be¬da¬kan simbol untuk jari-jari lingkaran besar dan kecil; siswa tidak paham yang mana jari-jari dan yang mana diameter dari lingkaran; siswa tidak paham bagaimana cara melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga, (2) kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak menguasai konsep pra¬syarat, antara lain konsep pengurangan, pengkuadratan dan pengakaran. (3) kesalahan yang disebabkan karena siswa lupa terhadap konsep, antara lain siswa lupa ter¬ha¬dap konsep phytagoras, segitiga, layang-layang, dan garis singgung perse¬kutuan dalam dan luar dua lingkaran. Kata kunci: identifikasi, kesalahan, matematika
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:28 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13903 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |