Ahmad Amirudin, 1017032066 (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PEMBELAJARAN KLASIFIKASI (TAKSONOMI) DAN TATA NAMA ILMIAH (BINOMIAL NOMENKLATUR) PADA KINGDOM PLANTAE (TUMBUHAN) BERBASIS ANDROID. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRACT.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (281Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. BAB I.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
15. BAB II.pdf Download (850Kb) | Preview |
|
|
File PDF
16. BAB III.pdf Download (1767Kb) | Preview |
|
File PDF
17. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1737Kb) |
||
|
File PDF
18. BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Ilmu Biologi merupakan bagian dari ilmu sains yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan ilmu lainnya dalam hal objek, persoalan, dan metodenya serta memiliki banyak istilah dan mempunyai obyek berupa kerajaan (kingdom): Animalia (dunia hewan), Plantae (dunia tumbuhan), Monera, Protista, dan Fungi. Objek yang berjumlah ribuan jenis menjadi kesulitan tersendiri untuk dipelajari. Salah satu cara mempermudah dalam mempelajarinya adalah pengelompokan atau pengklasifikasian makhluk hidup disebut Taksonomi dan tata nama ilmiah disebut Binomial Nomenklatur. Dalam penelitian ini, untuk mempelajari klasifikasi dan tata nama ilmiah maka dibuat aplikasi taksonomi berbasis Android yang bertujuan untuk memudahkan pelajar dan mahasiswa dalam mengklasifikasikan makhluk hidup yang terdiri dari Kingdom, Sub Kingdom, Super Divisi, Divisi, Kelas, Sub Kelas, Ordo, Family, Genus, dan Spesies. Aplikasi ini dirancang kemudian diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java for Android, MySQL dan Web Server untuk mengolah data yang diperlukan dan pembaruan database secara berkala. Hasil data pengujian menggunakan pengujian Equivalence Partitioning, menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi sesuai analisis. Selain itu berdasarkan data angket, aplikasi ini adalah aplikasi yang user friendly (dengan nilai rata-rata 4,17 / baik), dan interaktif (dengan nilai rata-rata 4,08 / baik). Biology is part of science that has special characteristics which are different from other sciences in terms of objects, issues and methods as well as having many terms and have the object form of the Kingdom (kingdom):Animalia (animal’s world), Plantae (plant’s world), Monera, Protista, and Fungi. Objects that amount to thousands of types become its own difficulties to be learned. One way to make it easier to learn is by grouping or classifying the organism that is called Taxonomy and the scientific name that is called Binomial Nomenclature. In this research, to learn the classification and scientific nomenclature, then created taxonomy’s application based on Android, which aims to facilitate students in classifying organism that consist of Kingdom, Sub Kingdom, Super Division, Division, class, Sub class, Ordo, Family, Genus, and species. This application is designed and then implemented using Java programming language for Android, MySQL and Web Server to manipulate the data that is needed, and update the database periodically. The result of data test using Equivalence Partitioning testing shows that the application functionate well according to the analysis. In addition, based on questionnaire data, that the application is an user friendly application (with an average value of 4,17 / good), and interactive (with an average value of 4,08 / good).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | 2192023 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Oct 2015 03:19 |
Terakhir diubah: | 26 Oct 2015 03:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13916 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |