PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

0613053042, Muqiitania (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (263Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (450Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafta rGambar.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika akan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat mengembangkan kemampuan siswa adalah model pembelajaran cooperative, dan diantara tipe-tipe dalam pembelajaran cooperative terdapat tipe jigsaw. Tipe ini dipilih sebab memiliki ciri khas yaitu adanya kelompok asal dan kelompok ahli dimana siswa yang kurang kemampuannya akan meningkat semangat belajarnya sebab ia diberi kesempatan dan tanggung jawab untuk menguasai suatu materi pelajaran agar dapat menjelaskan kepada teman-temannya dalam kelompok asal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Subyek dalam penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 2 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 28 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Rata-rata hasil pretes pada siklus I yang diperoleh siswa untuk materi Kesetaraan Satuan 47,71% dimana 64,3% siswa belum tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan, hasil postes siklus I memberikan rata-rata sebesar 64,29% dengan 34,7% siswa belum tuntas belajar. Rata-rata hasil pretes siklus II untuk materi Keliling dan Luas adalah 57,86% dimana sebesar 34,7% siswa belum tuntas belajar, dan rata-rata postes siklus II adalah 70% dimana 7,14% siswa belum tuntas belajar. Sedangkan nilai rata-rata aktivitas pada siklus I pertemuan 1 adalah 51,79% dengan kategori kurang aktif dan pertemuan 2 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 59,82% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata aktivitas 73,21% dalam kategori cukup aktif dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 85,71 dengan kategori aktif. Kesimpulannya bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode Cooperative Learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 2 Metro Timur. Kata Kunci: Hasil Belajar, dan Pendekatan cooperative tipe jigsaw. Abstract Selection of an appropriate model of learning in mathematics learning will improve student learning outcomes. One model that can develop students' skills is cooperative learning model, and between types of cooperative learning are jigsaw types. This type is chosen because it has a characteristic that is the origin groups and expert groups where students who lack the ability to increase the spirit of learning because he was given the opportunity and responsibility to master the subject matter in order to explain to his friends in the group home. The purpose of this research is to improve student learning outcomes and activities. Subjects in the study of action is class IV B 2 Elementary School State 2 East Metro Academic Year 2009/2010, amounting to 28 people. Action research consisted of two cycles. Average pretest results obtained in the first cycle for the material students Equality Unit in which 64.3%, 47.71% students have not finished learning. After the action, the results of posttest cycle I gave an average of 64.29% with 34.7% of students do not pass the study. Average pretest results for the second cycle of matter Circumference and Area is 57.86%, which amounted to 34.7% of students do not pass the study, and the average post-test cycle II was 70% with 7.14% of students do not pass the study. While the average value of the activity in the first cycle 1 meeting is 51.79% with less active and meeting category 2 with an average value of 59.82% of the student activity with moderately active category. In the second cycle 1 meeting with the average value of 73.21% in the category of activity is quite active, and the second meeting of the average value was 85.71 student activity with the active category. The conclusion that learning math using cooperative learning jigsaw type can improve student learning outcomes in elementary school state 2 grade IV B East Metro. Keywords: Learning Outcomes, and the type of jigsaw cooperative approach.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:29
Last Modified: 05 Nov 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir