PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jaya Sutisna, SAIFULLAH (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (453Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (483Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (494Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (492Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1439Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran peta puzzle Provinsi Lampung untuk diterapkan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran IPS. Penelitian ini di lakukan di MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan, tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) terdiri dari enam tahap kegitan yaitu: (1) Pengkajian keadaan dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkiraan kebutuhan, mempelajari literature dan meneliti dalam sekala kecil; (2) Perncanaan adalah merencanakan pembuatan produk; (3) Pembuatan produk awal adalah membuat bentuk awal produk media pembelajaran yang dapat di uji coba; (4) Uji coba awal dilakukan untuk mendapatkan validasi dari ahli; (5) Perbaikan produk adalah tahapan memperbaiki produk setelah mendapatkan masukan dari ahli; (6) Uji coba sebenarnya dilakukan dengan cara penelitian eksperimen di kelas IV MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas eksperimen dan di kelas IV MI GUPPI 04 Bumiasih Palas Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitan pengembangan ini adalah: (1) Media pembelajaran diberi nama media pembelajaran peta puzzle provinsi Lampung tahun 2013. Bentuk Puzzle yang diterapkan adalah jigsaw puzzle. Potongan puzzle terdiri atas peta kabupaten/kota yang tersebar di provinsi Lampung dan syarat dan ketentuan yang ada pada peta, (2) Peta provinsi Lampung tahun 2013 dapat disajikan secara vertikal dan horizontal, (3) Peta puzzle sesuai dengan teori perkembangan Jean Piaget, materi peta berupa unsur-unsur dan syarat-syarat yang ada dalam peta dengan akurasi titik koordinat dan skala yang tepat. (4) Peta puzzle dapat digunakan terutama di kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada Kompetensi Dasar “Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana“, (5) Media pembelajaran peta puzzle lebih efefktif terhadap proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dari pada menggunakan peta biasa. kata kunci: Peta Puzzle, efektif terhadap proses dan hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Mar 2014 04:59
Last Modified: 22 Mar 2014 04:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item