PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jaya Sutisna, SAIFULLAH (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (453Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (483Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (494Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (492Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1439Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran peta puzzle Provinsi Lampung untuk diterapkan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran IPS. Penelitian ini di lakukan di MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan, tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) terdiri dari enam tahap kegitan yaitu: (1) Pengkajian keadaan dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkiraan kebutuhan, mempelajari literature dan meneliti dalam sekala kecil; (2) Perncanaan adalah merencanakan pembuatan produk; (3) Pembuatan produk awal adalah membuat bentuk awal produk media pembelajaran yang dapat di uji coba; (4) Uji coba awal dilakukan untuk mendapatkan validasi dari ahli; (5) Perbaikan produk adalah tahapan memperbaiki produk setelah mendapatkan masukan dari ahli; (6) Uji coba sebenarnya dilakukan dengan cara penelitian eksperimen di kelas IV MI Uswatun Hasanah Merambung Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas eksperimen dan di kelas IV MI GUPPI 04 Bumiasih Palas Kabupaten Lampung Selatan sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitan pengembangan ini adalah: (1) Media pembelajaran diberi nama media pembelajaran peta puzzle provinsi Lampung tahun 2013. Bentuk Puzzle yang diterapkan adalah jigsaw puzzle. Potongan puzzle terdiri atas peta kabupaten/kota yang tersebar di provinsi Lampung dan syarat dan ketentuan yang ada pada peta, (2) Peta provinsi Lampung tahun 2013 dapat disajikan secara vertikal dan horizontal, (3) Peta puzzle sesuai dengan teori perkembangan Jean Piaget, materi peta berupa unsur-unsur dan syarat-syarat yang ada dalam peta dengan akurasi titik koordinat dan skala yang tepat. (4) Peta puzzle dapat digunakan terutama di kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada Kompetensi Dasar “Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana“, (5) Media pembelajaran peta puzzle lebih efefktif terhadap proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dari pada menggunakan peta biasa. kata kunci: Peta Puzzle, efektif terhadap proses dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > GA Mathematical geography. Cartography
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Mar 2014 04:59
Terakhir diubah: 22 Mar 2014 04:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir