STUDI PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN RESITASI PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ocni Alfiah, 1113031054 (2015) STUDI PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN RESITASI PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan pemahaman siswa menggunakan metode pembelajaran Scaffolding dan Resitasi dengan memperhatikan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi, Sub Pokok Bahasan Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, atau lebih tepatnay eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 152 dengan sampel sebanyak 58 siswa (2 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan purpossive sampling. Teknik pengumpulan data diambil dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian: (1) Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding dengan yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi, (2) Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (3) pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (4) pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran scaffolding lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, (5) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman siswa. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Kemampuan Awal, Scaffolding, Resitasi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 4155500 . Digilib
Date Deposited: 30 Oct 2015 01:52
Last Modified: 30 Oct 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item