DWI PUSPITA SARI, 1113024012 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) UNTUK MENINGKATKAN KPS SISWA PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (237Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi di SMP Pembangunan Kalianda bahwa pembelajaran biologi telah menggunakan bahan ajar berupa LKS namun belum sesuai dengan kebutuhan siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains pada sub materi klasifikasi tumbuhan. Sampel uji coba adalah siswa kelas VII1 dan VII2 yang dipilih secara purposive sampling, yaitu dipilih berdasarkan rata-rata nilai terendah siswa. Desain penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Data kuantitatif diperoleh dari N-gain KPS siswa pada soal pretes dan postes kemudian dianalisis menggunakan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa analisis jawaban siswa dan angket tanggapan siswa terhadap LKS berbasis KPS hasil pengembangan yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada N-gain KPS siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu pada aspek mengamati (eksperimen= 25; kontrol= 10.42), menginterpretasi data (eksperimen= 30.56; kontrol= 29.17), mengelompokkan (eksperimen= 97.43; kontrol= 34.20), dan mengomunikasikan (eksperimen= 30.21; kontrol= 6.25). Selain itu, rata-rata jawaban sesuai pada LKS 3 (83.33%) lebih tinggi daripada LKS 2 (75%) dan LKS 1 (25.83%). Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya rata-rata jawaban yang sesuai sama halnya dengan meningkatkannya keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa LKS berbasis KPS hasil pengembangan 95% menarik-sangat menarik baik dari segi tampilan, kombinasi warna, desain, bahasa, kemenarikan materi, dan kemenarikan bahan ajar. Dengan demikian LKS berbasis KPS pada materi klasifikasi tumbuhan hasil pengembangan efektif meningkatkan KPS siswa dan sangat menarik untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif bagi guru dan siswa. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Keterampilan Proses Sains, dan Klasifikasi Tumbuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6539591 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 06:54 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2015 06:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14229 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |