HOTMAULI SITUMORANG, 1013024010 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERDASARKAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUSAKAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 BELALAU Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (358Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1042Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berdasarkan gender terhadap berpikir rasional siswa dan (2) peningkatan kemampuan berpikir rasional siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa keterampilan berpikir rasional siswa berdasarkan gender yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest, dan di analisis menggunakan uji t dan U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa perempuan (N-gain 54,29) dan siswa laki-laki (N-gain 41,37). Kemampuan siswa perempuan dan siswa laki-laki dari tiap indikator kemampuan berpikir rasional Hotmauli Situmorang iii untuk kemampuan memecahkan masalah sebagai indikator yang paling tinggi namun siswa perempuan memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa memperlihatkan bahwa persentase aktivitas pada siswa perempuan (76,62%) lebih tinggi daripada siswa laki-laki (52,26%). Dengan demikian penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berdasarkan gender berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir rasional dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Gender, Keterampilan Berpikir Rasional, kegiatan manusia, perusakan dan pelestarian lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 4087378 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 02:15 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2015 02:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14245 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |