PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE CERAMAH PADA POKOK BAHASAN KONSEP, PRINSIP, PENDEKATAN, DAN ASPEK GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MA SUBULUSSALAM SRIWANGI OKU TIMUR SUMATERA SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014

0913034045, Indrian Agustina (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE CERAMAH PADA POKOK BAHASAN KONSEP, PRINSIP, PENDEKATAN, DAN ASPEK GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MA SUBULUSSALAM SRIWANGI OKU TIMUR SUMATERA SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Rerata hasil belajar geografi yang lebih tinggi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan dengan metode ceramah. (2) Perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode ceramah. (3) Peningkatan (gain) hasil belajar geografi yang lebih tinggi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dibandingkan dengan metode ceramah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design) dan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan jamak. Objek penelitiannya adalah hasil belajar geografi mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode ceramah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MA Subulussalam Sriwangi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan rerata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif think pair share dan perlakuan metode ceramah. Yaitu pada pembelajaran think pair share rerata hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan metoe ceramah. (2) Terdapat perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif think pair share dan metode ceramah. Peningkatan hasil belajar pada think pair share lebih tinggi dengan kategori sedang. Sementara itu, pada metode ceramah kategori peningkatannya rendah. Kata kunci: Ceramah, Hasil Belajar Geografi, Think Pair Share.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:49
Last Modified: 20 Nov 2015 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item