1023031063, Yemmi Makla (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Model Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (522Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (390Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3443b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) perbedaan hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian comparatif dengan pendekatan eksperimen.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN I Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen yaitu kelas X4 menggunakan model Jigsaw dan kelas pembanding yaitu kelas X5 menggunakan model TPS. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes dan motivasi berprestasi menggunakan skala. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian desain factorial dan uji t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukan bahwa ; (1) ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS. Fhitung 159,583 > Ftabel 3,978 Ha diterima ;(2) ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi tinggi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung -12,977 > ttabel -2,028 Ha diterima; (3) tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi rendah antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung 1,808 < ttabel 2,074 Ho diterima; (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi. Fhitung 0,589 < Ftabel 4,062 Ho diterima. Kata kunci : model pembelajaran Jigsaw, dan Think Pair and Share, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:53 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14449 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |