0543031012, Dian Wenita Sari (2011) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, PERSEPSI TENTANG KOLEKSI PUSTAKA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
cover.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR gambar.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
D-yound ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN DEPAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (496Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan Komisi Pembimbing.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA Tea.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses pembelajaran di sekolah merupakan aktivitas belajar yang paling efektif bagi siswa. Keberhasilan dalam proses pembelajaran ditandai dengan hasil belajar siswa, yang merupakan gambaran dari penguasaan materi atau pelajaran yang telah dipelajari. Dalam pencapaian hasil belajar yang baik harus didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula. Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang disediakan di sekolah yang menyediakan berbagai koleksi pustaka. Pemanfaatan perpustakaan dengan baik bisa membantu dalam pencapaian hasil belajar yang baik. Berlangsungnya proses pembelajaran juga harus didorong oleh keinginan untuk belajar atau merubah sesuatu menjadi lebih baik. Tapi pada kenyataanya banyak siswa memiliki motivasi yang masih rendah untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa, persepsi tentang koleksi pustaka, dan pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara motivasi belajar siswa, persepsi tentang koleksi pustaka, dan pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 240 orang dengan jumlah sampel 96 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment dan Korelasi Multiple. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, didapati bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa (X 1 dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII (Y), diperoleh t hitung = 7,253 >1,986 dengan koefisien korelasi (r) = 0,599 dan koefisien determinasinya (R²) = 0,359 atau 35,9%. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang koleksi pustaka (X2) dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII (Y), diperoleh t hitung > t tabel = 4,506 >1,986 dengan koefisien korelasi (r) = 0,421 dan koefisien determinasinya (R²) = 0,178 atau 17,8%. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan (X 3 ) dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII (Y), diperoleht hitung = 7,947>1,986dengan koefisien korelasi (r) = 0,634 dan koefisien determinasinya (R²) = 0,402 atau 40,2%. (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa, persepsi tentang koleksi pustaka, dan pemanfaatan perpustakaan (X 3 Dian Wenita Sari > t tabel ) > t tabel ) dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII (Y), diperoleh F hitung > F tabel >2,704 dengan koefisien korelasi (r) = 0,760 dan koefisien determinasinya (R²) = 0,578 atau 57,8%.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:58 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14496 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |