0717032034, DEDE ALI MA’RIFAT (2012) PENERAPAN FUNGSI HEURISTIK DENGAN ALGORITMA ITERATIVE DEEPENING A* (IDA*) PADA PENGEMBANGAN GAME SLIDE PUZZLE UNTUK PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA BERBASIS J2ME. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (697Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (1480Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (2134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (9Mb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
File PDF
cv.pdf Download (0b) |
||
File PDF
motto.pdf Download (0b) |
||
File PDF
pengesahan.pdf Download (0b) |
||
File PDF
pernyataan.pdf Download (0b) |
||
File PDF
persembahan.pdf Download (0b) |
||
File PDF
persetujuan.pdf Download (0b) |
||
File PDF
sanwacana.pdf Download (0b) |
||
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (0b) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Game merupakan salah satu implementasi dari bidang ilmu komputer. Saat ini, game tidak hanya bisa dimainkan pada sebuah game console dan komputer saja, melainkan bisa dimainkan pada sebuah telepon selular, biasanya disebut game mobile. Kebanyakan dari game-game tersebut hanya memberikan kesan hiburan saja, tanpa memberikan nilai edukasi didalamnya. Oleh karena itu, dirancang sebuah aplikasi game yang berjalan pada telepon selular dan memberikan nilai edukasi didalamnya dengan cara yang menyenangkan. Game mobile yang akan dikembangkan adalah game slide puzzle. Slide puzzle merupakan salah satu jenis permainan puzzle yang cukup memeras otak untuk menyelesaikannya. Pemain ditantang untuk berpikir bagaimana membuat semua bagian puzzle terletak pada posisi sebenarnya dan membentuk sebuah gambar. Cara memainkannya cukup mudah, pemain hanya menggeser puzzle satu demi satu sampai akhirnya semua puzzle terletak pada posisi sebenarnya. Untuk menemukan solusi atas permasalahan slide puzzle digunakan fungsi heuristik dengan algoritma Iterative Deepening A* (IDA*), fungsi heuristik yang digunakan adalah Manhattan Distance. Algoritma IDA* memerlukan jumlah memori yang jauh lebih sedikit. Jika menghadapi masalah keterbatasan memori, maka algoritma IDA* bisa menjadi pilihan yang tepat. Kata kunci: Game, Game Mobile, Slide Puzzle, Fungsi Heuristik, Iterative Deepening A* (IDA*), Manhattan Distance. Abstract Game is one of computer sciences implementation. Currently, the game can not only be played on console and computer, but also can be played on celular phone, it called by mobile games. Most of those games just gives the entertainment value, without education values. Therefore, an game applications designed to executable on celular phones and give education values by fun way. Mobile game to be developed is a slide puzzle game. Slide Puzzle is one type of puzzle game that racked my brain enough to finish it. The players are challenged to think how to make all parts of puzzle was located in the true position and form a picture. How to play it fairly easy, player just move part of the puzzle one by one until all parts of the puzzle there on right position. To find solution about slide puzzle problems use heuristic function with Iterative Deepening A* (IDA*) algorithm, the heuristic function used is the Manhattan Distance. IDA* algorithm needs less of memory capacity. If there is the memory limitations problem, IDA* algorithm can be exactly option to handle it. Keywords: Games, Mobile Games, Slide Puzzles, Function Heuristics, Iterative deepening A * (IDA*), Manhattan Distance.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:16 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14583 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |