0513023012, Umi Munawaroh (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dalam.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1 .pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (90Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (179Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR IS1.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA new.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA_Q.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil wawancara dan observasi dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung, diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam materi pokok sistem koloid adalah pembelajaran dengan metode ceramah, siswa tidak dilibatkan langsung, berlatih dan berpikir secara mandiri dalam usaha penemuan konsep dari materi pelajaran, sehingga aktivitas siswa dalam pembel- ajaran belum mampu menunjukkan penguasaan keterampilan berpikir kritis. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pokok Sistem Koloid adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif teknik NHT mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem koloid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian randomized pretest-postest control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA SMA YP Unila, sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dihitung berdasarkan nilai N-Gain skor pretes dan postes kedua kelas. Data N- Gain diolah dengan program SPSS untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai N-gain yang signifikan dari semua indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik NHT mampu meningkat- kan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tertinggi terjadi pada indikator membuat kesimpulan dan peningkatan terendah terjadi pada indikator memberikan contoh dan noncontoh.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:07 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14639 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |