PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

0513023012, Umi Munawaroh (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 .pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (179Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA_Q.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Hasil wawancara dan observasi dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung, diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam materi pokok sistem koloid adalah pembelajaran dengan metode ceramah, siswa tidak dilibatkan langsung, berlatih dan berpikir secara mandiri dalam usaha penemuan konsep dari materi pelajaran, sehingga aktivitas siswa dalam pembel- ajaran belum mampu menunjukkan penguasaan keterampilan berpikir kritis. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pokok Sistem Koloid adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif teknik NHT mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem koloid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian randomized pretest-postest control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA SMA YP Unila, sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dihitung berdasarkan nilai N-Gain skor pretes dan postes kedua kelas. Data N- Gain diolah dengan program SPSS untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai N-gain yang signifikan dari semua indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik NHT mampu meningkat- kan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tertinggi terjadi pada indikator membuat kesimpulan dan peningkatan terendah terjadi pada indikator memberikan contoh dan noncontoh.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:07
Last Modified: 20 Nov 2015 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item