PENGARUH PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS IXSMP NEGERI 22 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0543041050, Siti Aminatus Zuriah (2011) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS IXSMP NEGERI 22 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] Text
skripsi SITI AMINATUS ZURIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3253Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teknik latihan terhadap kemampuan mengarang deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas IX SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 192 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari populasi tersebut. Kelas IX D sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran mengarang dengan menggunakan sumber belajar lingkungan dan kelas IX C sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran mengarang dengan menggunakan teknik latihan. Data kemampuan mengarang deskripsi diambil melalui tes mengarang deskripsi yang disediakan dengan waktu ± 80 menit. Peningkatan kemampuan mengarang deskripsi di kelas eksperimen dilihat dari rata-rata skor tes awal yaitu sebesar 65,81 dan tes akhir yaitu sebesar 75,03, maka diperoleh selisih datanya sebesar 9,22. Selanjutnya, pada peningkatan kemampuan mengarang deskripsi di kelas kontrol di lihat dari rata-rata skor tes awal yaitu sebesar 57,61 dan tes akhir yaitu sebesar 63,13, maka diperoleh selisih datanya sebesar 5,52. Kemampuan mengarang deskripsi pada tes awal di kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh selisih skor yaitu sebesar 8,2 dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu sebesar 65,81 dan kelas kontrol yaitu sebesar 57,61. Selanjutnya, kemampuan mengarang deskripsi pada tes akhir di kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh selisih skor yaitu sebesar 11,9 dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu sebesar 75,03 dan kelas kontrol yaitu sebesar 63,13. Si ti Ami natus Zuriah Dari hasil penghitungan diperoleh bahwa nilai t hitung sebesar 2,4735 dan t tabel sebesar 1,670. Nilai t hitung (2,4735) > t tabel (1,670) maka Ho ditolak. Jadi hipotesis konseptual yang diajukan rata-rata kemampuan mengarang deskripsi siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan teknik latihan lebih besar pengaruhnya daripada skor rata-rata kemampuan mengarang deskripsi siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan sumber belajar lingkungan teruji kebenarannya, karena t hitung (2,4735) lebih besar daripada t tabel (1,670) pada taraf kepercayaan 5%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:14
Last Modified: 20 Nov 2015 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item