TINDAK ILOKUSI IMPOSITIF ANAK USIA LIMA TAHUN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK

0613041041, RETNO PRIHATINI (2011) TINDAK ILOKUSI IMPOSITIF ANAK USIA LIMA TAHUN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK. Other thesis, Universitas Lampung.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb)
[img] Text
cover2.pdf

Download (13Kb)
[img]
Preview
Text
Bab I .pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III .pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V .pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II .pdf

Download (289Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (402Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR SINGKATAN DAN LAMBANG.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui tindak ilokusi anak usia lima tahun yang difokuskan pada ilokusi impositif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak ilokusi impositif anak usia lima tahun berdasarkan fungsi komunikasi dan bentuk interaksinya beserta implikasinya pada pembelajaran bahasa di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia lima tahun bernama Abdul Azis Alhakim yang sedang bersekolah di jenjang pendidikan taman kanak-kanak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak ilokusi impositif secara langsung maupun tidak langsung pada anak usia lima tahun. Namun, subjek penelitian cenderung mengungkapkan ujaran secara langsung. Tindak ilokusi impositif anak usia lima tahun berdasarkan fungsi komunikasinya dan interaksinya terdiri dari tuturan langsung yang meliputi meminta sesuatu secara langsung (IMtSL) memohon sesuatu secara langsung (IMhSL), memerintah sesuatu secara langsung (IPSL), melarang sesuatu secara langsung (ILSL), menasihati sesuatu secara langsung (INSL).

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:11
Last Modified: 20 Nov 2015 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14684

Actions (login required)

View Item View Item