IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI KOPERASI SISWA SMA NEGERI I NATAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA

0643041013, FUTIKHAH (2010) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI KOPERASI SISWA SMA NEGERI I NATAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img] Text
3.Pengesahan.pdf

Download (9Kb)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (14Kb)
[img] Text
Cover Dalam.pdf

Download (19Kb)
[img] Text
Daftar Isi fix.pdf

Download (20Kb)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438Kb)
[img] Text
KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (203Kb)
[img] Text
METODE PENELITIAN.pdf

Download (27Kb)
[img] Text
MOTO.pdf

Download (6Kb)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (44Kb)
[img] Text
Cover Luar.pdf

Download (12Kb)
[img] Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (9Kb)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb)
[img] Text
SANWACANA.pdf

Download (14Kb)
[img] Text
SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (10Kb)

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan dalam transaksi jual beli di SMA Negeri I Natar dan Implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam transaksi jual beli di koperasi siswa dengan menganalisis berbagai interseksi jenis tuturan dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni pemecahan masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan yang terjadi antara siswa, guru, dan petugas koperasi siswa di sekolah dan dilengkapi dengan konteks yang melatari tuturan tersebut. Futikhah Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur yang dituturkan oleh guru, siswa dan petugas koperasi di koperasi siswa SMA N I Natar dilakukan melalui dua jenis tuturan, yaitu melalui tuturan langsung tidak langsung dan literal tidak literal. Interseksi jenis tuturan mengandung implikatur yang terdapat di koperasi siswa SMA Negeri I Natar yaitu (1) tindak tutur langsung tidak literal (LTLt) menggunakan modus perintah dan berita, (2) tindak tutur tidak langsung literal (TLLt) menggunakan modus berita dan tanya, dan (3) tindak tutur tidak langsung tidak literal (TLTLt) menggunakan modus tanya, modus perintah dan modus berita. Konteks yang dimanfaatkan oleh subjek penelitian di koperasis siswa SMA Negeri I Natar untuk mendukung tuturan yang mengandung implikatur, yaitu (1) pemanfaatan konteks tempat (PKt), (2) pemanfaatan konteks peristiwa (PKp), dan (3) pemanfaatan konteks waktu (PKw).

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:10
Last Modified: 20 Nov 2015 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item