TEMA DAN AMANAT PADA KUMPULAN CERPEN BIBIR DALAM PISPOT KARYA HAMSAD RANGKUTI DAN KELAYAKANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

0643041036, RIKA JAYANTI (2011) TEMA DAN AMANAT PADA KUMPULAN CERPEN BIBIR DALAM PISPOT KARYA HAMSAD RANGKUTI DAN KELAYAKANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
CoverQ.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LANDASAN TEORI.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
III.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (605Kb)
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah apa tema dan amanat kumpulan cerpen Bibir Dalam Pispot karya Hamsad Rangkuti dan kelayakannya dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tema dan amanat kumpulan cerpen Bibir Dalam Pispot dan untuk mengetahui kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah kumpulan cerpen Bibir Dalam Pispot karya Hamsad Rangkuti, yang berjumlah 16 cerpen. Tema cerpen Lagu di Atas Bus adalah nasionalisme, tema cerpen Pispot adalah kejujuran, tema cerpen Dia Mulai Memanjat adalah protes, tema cerpen Nyak Bedah adalah egois, t adalah cerita mistik, tema cerpen Petani itu Sahabat Saya adalah persahabatan, tema cerpen Hukuman untuk Tom adalah tanggung jawab, tema cerpen Ketupat Gulai Paku adalah kejujuran, tema cerpen Teka-teki Orang Desa adalah kesombongan, tema cerpen Wedang Jahe adalah kejujuran, tema cerpen Kunang-kunang adalah kerinduan, tema cerpen 1000? 500! 1000! adalah kejujuran, tema cerpen Sebuah Sajak adalah cita-cita, tema cerpen Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu? adalah cinta sesaat, tema cerpen Antena adalah keagamaan, tema cerpen Saya Sedang Tidak Menunggu Tuan adalah melawan ajal. Amanat-amanat yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bibir Dalam Pispot karya Hamsad Rangkuti kesemuanya mengandung amanat yang disampaikan pengarang melalui konflik-konflik yang terjadi di dalamnya secara tersirat. Cerpen Antena dan cerpen Saya Sedang Tidak Menunggu Tuan mempunyai amanat yang berhubungan dengan Allah SWT; Cerpen Hukuman Untuk Tom, cerpen Ketupat Gulai Paku, cerpen 1000! 500! 1000!, dan cerpen Sebuah Sajak mempunyai Rika Jayanti amanat yang berhubungan dengan pekerjaan manusia yang harus dilakukan sesuai dengan semestinya; Cerpen Pispot, cerpen Nyak Bedah, cerpen Palasik, cerpen Teka-Teki Orang Desa, cerpen Wedang Jahe, dan cerpen Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu mempunyai amanat yang berhubungan dengan sifat dan perbuatan manusia yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain yang ada disekitarnya; Cerpen Lagu di Atas Bus dan cerpen Dia Mulai Memanjat mempunyai amanat yang berhubungan dengan orang banyak atau umum; Cerpen Petani itu Sahabat Saya mempunyai amanat yang berhubungan dengan kehidupan yang pahit tetapi tetap harus dijalani dengan ikhlas; Cerpen Kunang-kunang mempunyai amanat yang berhubungan dengan ketegaran menerima sesuatu yang tidak sesuai keinginan kita. Kumpulan cerpen Bibir Dalam Pispot karya Hamsad Rangkuti dapat dijadikan alternatif bahan pengajaran sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas karena sejalan dengan tujuan pengajaran sastra yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan kriteria pemilihan bahan pengajaran sastra, yaitu aspek psikologi dan latar belakang budaya siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:11
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir