0913099021, Purwo Suanto (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (329Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (338Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (100Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 28,23% siswa tuntas dan 23 siswa atau 71,87% siswa belum tuntas, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi perbandingan dan skala. Penelitian ini melibatkan 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuaan, kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,0. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,75 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,50. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 62,5% (20 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (32 siswa). Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:16 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14703 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |