1013069052, Hj. ERFAYETI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PETA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SDN 3 SUKAJAWA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (161Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (81Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi akan keprihatinan Penulis terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV yang rendah, yaitu standar ketuntasan minimal belum tercapai secar maksimal yaitu baru mencapai 54,12%. Hal diperkirakan karena pada proses pembelajaran pengajar belum memberi kesempatan belajar yang seluas-luasnya kepada siswa, dan belum menggunakan alat bantu belajar yang tepat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar menggunakan metode kerja kelompok dan alat bantu berupa peta pada pembelajaran IPS semester 1 kelas IV SDN 3 Sukajawa Bandar Lampung. Metode yang dipilih penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data ini adalah pengematan terhadap aktivitas belajar siswa yang disusun penulis, dan tes hasil belajar setiap akhir siklus penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus, aktivitas belajar siklus ke 1 rata-rata 49%, siklus ke 2 rata-rata 82% maka meningkat 33%, sedangkan hasil belajar siklus ke 1 rata-rata 75% dan siklus ke- 2 rata-rata 83%, maka hasil belajar siswa rata-rata meningkat 12%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan peta dan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:02 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 06:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14708 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |