., Ahmad Fitrah (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUBUH TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram, Lampung Selatan T.P 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (137Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (282Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2622Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan diskusi dengan guru IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan, diketahui bahwa pembelajaran masih bersifat teacher centered siswa lebih banyak menerima informasi dari guru sehingga siswa kurang dapat memaksimalkan keterampilan proses sains. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan ketrampilan proses sains siswa yaitu dengan model inkuiri. Metode pembelajaran ini bersifat student centered. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model inkuiri terbimbing pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tubuh tumbuhan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan dan Perbandingan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tubuh tumbuhan dengan siswa yang menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang terpilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian yang diperoleh dari pretes, postes, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis menggunakan uji t dan uji U dengan menggunakan program SPSS 16 serta mengunakan klasifikasi aktivitas siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang tidak signifikan dibanding kelas kontrol (eksperimen= 68,46; kontrol= 66.06). Dengan demikian penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan berpengaruh dalam penguasaan keterampilan proses siswa. Kata kunci : keterampilan proses sains, model inkuiri, struktur dan fungsi tubuh tumbuhan, Ahmad Fitrah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 06:33 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |