EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN INTERPRETASI

0813023052, Usep Suhendar (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN INTERPRETASI. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Pendahuluan.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Tinjauan Pustaka.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img] File PDF
6. Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (270Kb)
[img]
Preview
File PDF
7. Simpulan dan Saran.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Metodologi Penelitian.pdf

Download (212Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dan interpretasi pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Keterampilan observasi dan interpretasi merupakan bagian dari keterampilan proses sains (KPS). Untuk mencapai tujuan itu dalam pembelajaran diterapkan model pembelajaran problem solving yang merupakan model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalence Control Group Desain. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling dan difokuskan pada kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA3. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis maka diperoleh hasil penelitian bahwa; (1) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 1,722 > 1,684 , dan (2) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan interpretasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dibuktikan t hitung > t tabel yaitu 1,77 > 1,684

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 23 Nov 2015 05:56
Terakhir diubah: 23 Nov 2015 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir